Kecanduan Internet dan Tips Mengatasinya

Jaman sekarang yang namanya internet sudah tidak asing lagi terdengar di telinga setiap orang. Mulai dari yang muda sampai tua pasti tau internet. Internet sangat membantu kerja manusia dalam hal belajar, hiburan, bisnis, dan lain-lain. Tetapi akan menjadi masalah jika manusia sudah kecanduan internet. Berikut ini ada kutipan pembahasan tentang kecanduan internet dari sebuah jurnal.

Menurut Beard dan Wolf (2001), setidaknya ada enam kriteria yang harus dimiliki agar seseorang dapat diklasifikasikan sebagai pecandu internet. Kriteria kecanduan internet yang dapat diuji di dalam penelitian ini adalah :
(1) pikiran yang terpreokupasi internet;
(2) waktu penggunaan internet semakin lama semakin bertambah demi pemenuhan kepuasan diri;
(3) pernah mencoba namun gagal untuk mengendalikan, mengurangi, atau berhenti menggunakan internet;
(4) tidak tenang, moody, depresif, dan mudah teriritasi;
(5) aktivitas online melebihi waktu yang direncanakan; dan
(6) mengalami masalah atau mempunyai risiko kehilangan hubungan pribadi, kehilangan pekerjaan, kehilangan kesempatan pendidikan, dan kehilangan karir.
Terdapat dua kriteria lain yang tidak dapat disertakan di dalam analisis karena tidak tersedianya aitem yang sesuai dengan dua kriteria tersebut.

Adapun dua kriteria tersebut adalah :
(1) berbohong kepada anggota keluarganya atau pihak lain dalam rangka menutupi aktivitas berinternetnya dan
(2) menggunakan internet sebagai jalan keluar mengatasi masalah atau menghilangkan perasaan seperti keadaan tidak berdaya, rasa bersalah, kegelisahan, atau depresi.

Tips Mengatasinya

Kalau menurut saya, jaman sekarang yang membuat orang kecanduan internet adalah sosial media, terutama pada anak-anak remaja. Selain media sosial, juga ada game online yang menyita perhatian kebanyakan anak-anak.

Kalau kita sudah tau apa sumber hal yang membuat kita jadi kecanduan, barulah kita bisa menemukan solusi yang tepat untuk sedikit lebih menjaga jarak dengan internet, maksudnya lepas dari candu internet. Bagaimana caranya?

Menurut saya, untuk orang-orang yang kecanduan up-date dan chating di media sosial, anda bisa mencari kesibukan yang menyenangkan di luar dari dunia internet untuk mengurangi intensitas anda mengecek media sosial, misalnya jalan-jalan, arisan, ngobrol-ngobrol sambil bercanda dengan teman-teman di suatu tempat, olahraga, bermain musik, dan lain-lain.

Kalau untuk orang yang suka bermain online, anda juga bisa mencari permainan lain yang tak kalah menyenangkannya, misalnya petak umpet, benteng, petak jongkok, ular tangga, teka teki silang, catur, biliard, dan lain-lain.

Dan ketahuilah, kegiatan di luar dunia internet itu lebih menyenangkan, dan membuat tubuh anda lebih bergerak bebas, dibanding kalau anda seharian hanya internetan, yang bergerak hanya otot wajah, mata, dan jari jemari. Jadi, belajarlah untuk mencintai hal-hal nyata yang ada di sekitar anda, daripada hal-hal yang bersifat maya di internet. Bukan berarti kita tidak menggunakan internet sama sekali, tapi kita harus bijak membagi waktu dan situasi, kapan waktu yang tepat untuk menggunakan internet, kapan kita harus beraktifitas bebas dari internet.

Sumber : jurnal.psikologi.ugm.ac.id/index.php/fpsi/article/view/91

Leave a comment